Pelatihan di tempat kerja

Training atau pelatihan di tempat kerja dapat menjadi sesuatu hal yang sangat penting, penting dan tidak penting.  Lho kok ?  Ya, itu semua tergantung bagaimana kita menyusun analisis kebutuhan terhadap perlu tidaknya suatu pelatihan.  Pelatihan akan menjadi sangat penting dan penting jika memang benar-benar dibutuhkan oleh pihak pengguna atau kantor, dan hasil dari pelatihan tersebut dapat benar-benar termanfaatkan bagi kemajuan kantor.  Itu bisa terjadi kalau analisis kebutuhannya tepat.  Kalau pelatihan itu hanya sekedar menghabiskan anggaran atau analisis kebutuhannya tidak dilakukan dengan tepat…..Diklat menjadi tidak penting. Bener gak ??

Tidak gampang lho melakukan analisis kebutuhan….langkah pertama adalah mencoba menghilangkan asumsi bahwa kita mencari diklat apa yang sesuai dengan kebutuhan.  Karena tidak semua permasalahan berkurangnya kinerja kantor dapat diselesaikan melalui pelatihan.  Coba kita renungi dulu yang pertama ini.  OK..pada tulisan selanjutnya akan coba dibahas mengenai analisis kebutuhan pelatihan.

Thanks.

Penulis : Wawan Ismawandi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s